November 07, 2010

proses merenung

ga hanya sekedar merenungin apa yang terjadi atau yang akan terjadi nanti, proses merenung ini semata-mata untuk relaksasi. menenangkan pikiran saat lo ngerasa semua masalah belum bisa lo atasi...
hmm dimulai dari menyamankan diri sendiri, coba tarik napas... tahan selama 4 detik dan buang secara perlahan. kemudian...
  1. berdiri tegak. buka kedua kaki lebar-lebar. putar telapak kaki ke arah kiri dengan sudut 90 derajat dan putar kaki kanan dengan sudut 45 derajat. gerakkan badan dan pinggul kekiri sehingga wajah sejajar dengan kaki kiri.
  2. angkat tangan diatas kepala. bayangkan ada sesuatu diatas sana yang bisa anda genggam. raih dengan tangan kiri, kemudian dengan tangan kanan. ulangi gerakan tersebut beberapa kali dan bayangkan tulang punggung anda memanjang. turunkan tangan anda kebelakang punggung dan peganglah siku dengan tangan yang berbeda. jika sulit melakukannya letakkan tangan dipinggul, tekan bahu kebawah menjauhi telinga.
  3. arahkan dada ke langit-langit. tulang punggung anda tetap memanjang. arahkan pandangan anda kelangit-langit. tahan posisi ini selama 3 sampai 10 kali bernapas.
  4. untuk kembali ke posisi awal. bahwa kembali tubuh menghadap kedepan. putar kedua kaki anda sehingga keduanya menghadap kedepan. kemudian dekatkan jarak kedunya. turunkan tangan anda dan biarkan beberapa saat dengan mata tertutup. ulangi dengan sisi yang lain.